Kampung Bule

DAYA TARIK DAN TUJUAN WISATAWAN

Prawirotaman yang memiliki julukan “kampung bule” ini memiliki sejarah dan juga daya tarik tersendiri bagi para turis asing maupun domestik. Nama area Prawirotaman diambil dari nama seorang turunan bangsawan Keraton yang bernama Prawirotomo. Ia diberikan sepetak tanah dan pada abad ke 19 tanah ini mulai dikenal dengan nama Prawirotaman.

Setelah Indonesia merdeka, tanah ini lambat laun menjadi tempat yang menarik. Dimulai dari pusat industri batik cap yang dikelola oleh turunan Prawirotomo sendiri. Seiring dengan berjalannya waktu, industri batik cap meredup dan di tahun 70an keturunan Prawirotomo memutuskan untuk berhenti dari usaha tersebut.

Dimulai dengan adanya rombongan Sirkus yang menginap di area Prawirotaman perlahan-lahan usaha tempat singgah dan penginapan bertumbuh hingga dapat menjadi usaha yang berkembang sampai saat ini. Tak heran, ketika anda melewati sepanjang jalan Prawirotaman, anda akan menemukan banyak sekali art gallery, penginapan dan juga turis manca negara yang bersantai di cafe-cafe pinggir jalan.

Terletak di sedikit ke selatan dari pusat kota, kampung bule membawa sejarah yang menarik bagi kita. Sebelum menjadi pusat tujuan turis, tempat ini dulunya sebagai markas para laskar kemerdekaan dan seiring perkembangan jaman menjadi kampung yang ramai dikunjungi. Beberapa waktu lalu shooting film sequel Ada Apa Dengan Cinta yang sempat menggugah kenangan kaum milenial, AADC 2, juga menampilkan area Prawirotaman sebagai lokasi yang apik, dengan highlight di salah satu kedai es krim dan kedai kopi ternama. Puluhan hotel, dan homestay juga ada didaerah ini. Cafe bergaya Mexico, Italia, Bali, garden resto, hampir semua ada di tempat ini.

Hotel Pandanaran Prawirotaman Yogyakarta menjadi salah satu hotel bintang 3 yang berada di kawasan kampung bule ini. Terletak di Jl. Prawirotaman No. 38, Hotel kami dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan pelayanan terbaik. Selain memiliki kamar elegant minimalis, kami juga memiliki restaurant, skylounge, serta skypool yang termasuk kedalam kategori 10 kolam renang favorite di Yogyakarta. Jadi tunggu apalagi, segera atur liburan terbaikmu bersama Hotel Pandanaran Prawirotaman Yogyakarta.

Tips Liburan Era New Normal

Siapa yang sudah tak sabar ingin segera liburan setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan pelonggaran pembatasan sosial dengan standar new normal? Tentu banyak orang yang ingin liburan setelah menjalani kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia. Meski New Normal mulai diterapkan, kita harus tetap menjaga diri dan orang lain selama liburan. Yuk, simak apa saja yang harus diperhatikan dan disiapkan.

1.Tentukan Destinasi Wisata

Selama kasus Covid-19 belum menunjukan penurunan yang berarti, sebaiknya pilih daerah liburan yang tidak terlalu terdampak Covid-19. Liburan di destinasi wisata yang berada di zona hijau dapat menurunkan resiko terpapar virus.

2.Siapkan Dokumen

Setelah menentukan kemana akan liburan, saatnya memesan tiket dan booking penginapan. Namun perlu diingat, sebelum memesan tiket dan booking penginapan, cari dulu informasi resmi terkait syarat dan ketentuan yang berlaku selama new normal di destinasi yang akan dituju dan siapkan dokumen sesuai aturan pemerintah.

3.Bawa Peralatan Pribadi

Peralatan pribadi yang wajib kamu bawa adalah hand sanitizer, alat makan, alat sholat, juga alat mandi. Walaupun banyak peralatan tersebut tersedia dan terlihat bersih di tempat wisata, menggunakan peralatan sendiri lebih baik untuk menghindari kemungkinan penularan virus Covid-19.

4.Transaksi Non Tunai

Uang adalah salah satu medium penyebaran bakteri dan virus. Oleh karena itu minimalisir penggunaan uang tunai dalam bertransaksi. Gunakan berbagai moda transaksi non tunai seperti kartu debit/kredit yang mudah dibersihkan dan disanitasi maupun pembayaran menggunakan mobile wallet / mobile banking yang sudah mendukung standar QRiS untuk keamanan transaksi anda.

5. Menerapkan Protokol Kesehatan

Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dimanapun berada, menjaga jarak, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan kurangi bersentuhan dengan benda di tempat umum. Salah satu cara penting yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan virus Corona di tempat wisata adalah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

What's On

Promo Online 9.9 Special

Bulan Pelanggan Nasional yang jatuh pada bulan September kerap kali dimeriahkan dengan berbagai macam promo dan diskon. Berbagai perusahaan biasanya berlomba-lomba memberikan penawaran yang menarik untuk para konsumennya.

Hotel Pandanaran Group juga punya cara tersendiri untuk merayakan Bulan Pelanggan Nasional tahun ini, yaitu dengan Promo 9.9 Online Special. Penawaran ini diberikan oleh Hotel Pandanaran Simpang Lima Semarang dan Hotel Pandanaran Prawirotaman Yogyakarta.

Dari Pandanaran Simpang Lima Semarang promo yang ditawarkan berupa harga kamar khusus untuk type kamar Deluxe Room, dan Grand Deluxe Room. Benefit yang didapat berupa breakfast untuk 2 orang, free carafe welcome drink, free Pandanaran goodies*. Dari Pandanaran Prawirotaman Yogyakarta, promo serupa ditawarkan untuk Type kamar Superior Room

“Program Promo 9.9 Online Special ini berlaku untuk pemesanan dari tanggal 9-30 September sedangkan untuk periode menginap sampai dengan akhir Maret 2021. Book Now Stay Later.” ujar Nabila Soraya Public Relation Hotel Pandanaran Simpang Lima Semarang.

Untuk menikmati promo ini, pengunjung bisa menghubungi Whatsapp Business hotel di nomor 0811278858 atau klik di sini untuk memesan kamar di Pandanaran Simpang Lima Semarang. Untuk Hotel Pandanaran Prawirotaman Yogyakarta dapat menghubungi Whatsapp Business di nomor 0811272738.